kmntb

Nahdliyin Sasak; Bukti Keberagaman dan Kesatuan Masyarakat KM-NTB Mesir

Nahdliyin Sasak; Bukti Keberagaman dan Kesatuan Masyarakat KM-NTB Mesir

“Keberadaan Komunitas Nahdliyin Sasak adalah sebuah bukti keberagamaan, kebersamaan, dan kesatuan warga KMNTB. Komunitas ini salah satu wadah yang bisa memfasilitasi KMNTB secara struktural untuk mengenal lebih dekat semua warga” Ucap Lalu Azmil Azizul Muttaqin, ketua Nahdliyin Sasak pada sambutannya.

Kamis (14/3)  Nahdliyin Sasak di Mesir mengadakan acara Silaturahmi dan Buka Bersama (Bukber) disertai dengan Selawatan bareng. Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 50-an warga Nahdliyin dan Nahdliyat dilaksanakan di Sekretariat Palahy Mesir, Darrasah, Kairo. Rangkaian Silaturahmi ini dimulai dengan selawatan sembari menunggu azan Magrib untuk berbuka puasa, penunjukan ketua Sasak, sambutan-sambutan dan berakhir pada pukul delapan menjelang tarawih.

Turut hadir pada acara ini, Ketua Tanfidziyah PWNU NTB, Prof. Dr. TGH Masnun Tahir, M.Ag via daring, Gubernur Kekeluargaan Mahasiswa Nusa Tenggara dan Bali (KM-NTB), M. Imam Naufal, Lc, dan segenap ketua almamater KMNTB yang terafiliasi dengan PCINU Mesir. Dalam sambutannya, Prof Masnun mengapresiasi semangat warga Nahdlyin yang sedang menimba ilmu di al-Azhar dalam menghidupakan tradisi dan kultur ke NU-an sebagaimana telah diajarkan di tanah air. Prof. Masnun menambahkan untuk senantiasa memanfaatkan waktu untuk belajar sebagai bekal kembali ke kampung halaman. Senada dengannya, Imam Naufal juga mengapresiasi dan mendorong teman-teman Nahdlyin Sasak, sekalipun masih baru, untuk kemudian nantinya ikut dan terlibat mewarnai dinamika kegiatan yang ada di lingkungan KM-NTB Mesir.

Pada sesi selanjutnya, di antara tujuan silaturahmi ini adalah penunjukkan ketua Nahdlyin Sasak dan penetapan nama untuk paguyuban ini kedepannya. Setelah beberapa waktu kemudian, secara aklamasi Lalu Azmil Azizul Muttaqin terpilih sebagai nahkoda pertama  untuk Nahdlyin Sasak. Melalui sambutannya, Azmil yang juga saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Sosial PC GP Ansor Mesir, menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada segenap Nahdlyin dan Nahdliyat yang hadir dan berterimakasih sudah memberi kepercayaan untuk memimpin teman-teman Nahdliyin Sasak ke depannya.

Selanjutnya, ia juga menjelaskan bagaimana sejarah singkat perkembangan NU di Lombok dan keterlibatan tokoh-tokohnya serta menggambarkan secara umum PCINU Mesir beserta Lembaga-lembaga di bawahnya, seperti Nahdlyin Jawa, Sunda, Bugis. Berangkat dari hal itu kemudian ia merasa perlu akan adanya pergerakan Nahdlyin yang berasal dari Lombok, sehingga pada akhirnya sekarang terbentuk sesuai dengan yang ia dambakan selama ini.

Pewarta: Syahril Ikhwan

Bagikan :

Artikel Lainnya

Siap Terima Zakat Fitrah; Rumah ...
  Siap Terima Zakat Fitrah; Rumah Amal Adakan Dauroh Zaka...
Nahdliyin Sasak; Bukti Keberagam...
Nahdliyin Sasak; Bukti Keberagaman dan Kesatuan Masyarakat KM-...
Baru Seumur Jagung, Sanggar Seni...
 Baru Seumur Jagung, Sanggar Seni KM-NTB Meriahkan Acara ...
Menilik Dialektika Peradaban; Se...
Menilik Dialektika Peradaban; Sebuah Proses Pendewasaan. Oleh:...
SEJARAH SINGKAT KODIFIKASI KITAB...
  SEJARAH SINGKAT KODIFIKASI KITAB DALAM USUL FIQIH Oleh:...
Cerpen, Kecemassan Guru Seneng
  Kecemasan Guru Seneng Punggungnya melengkung ketika ia ...

Download App KM-NTB Mesir

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Artikel, Update Informasi KM-NTB Mesir Hanya dalam Genggaman

Hubungi kami di : +201550341221

Kirim email ke kaminusatenggaradanbali@gmail.com

Download App KM-NTB Mesir

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Artikel, Update Informasi KM-NTB Mesir Hanya dalam Genggaman