kmntb

MONTHLY ADAT KM-NTB MESIR

 Tradisi Belis; Mahar Perkawinan Masyarakat Nusa Tenggara Timur

Tradisi Belis

Tradisi belis merupakan tradisi penyerahan mas kawin oleh pihak keluarga pria kepada pihak keluarga wanita sebelum melangsungkan pernikahan. Penyerahan mas kawin tersebut dapat berupa hewan ternak seperti kuda, kerbau, atau babi. Selain itu, penyerahan belis juga dapat berupa mamuli, kain, dan sarung (sebagai simbol reproduksi wanita dalam identitas kebudayaan lokal).

Nilai Sosial

Mahalnya belis yang harus dikeluarkan oleh pihak keluarga pria tidak menjadi persoalan sebab ada makna mulia yang tertanam dalam peristiwa belis itu, yakni nilai yang menjunjung tinggi betapa berartinya seorang wanita, disisi lain pemberian belis yang berupa (Hewan, Mamoli, kain atau apapun bentuknya) adalah upaya penghormatan atau menghargai pihak keluarga wanita yang telah membesarkan wanita tersebut, terlebih khusus kedua orang tua wanita. Karena setelah semua proses belis selesai maka wanita yang ingin dijadikan istri atau yang ingin dinikahi akan meninggalkan rumah orang tuanya (Keluarga Wanita) dan pergi mengikuti pria (Keluarga Pria).

Perkembangan

Di zaman dahulu, seorang laki-laki dari keluarga bangsawan atau yang biasa disebut dengan mosalaki, biasa memberi belis dengan harga yang sangat mahal. Dulu mereka belum mengenal uang jadi mereka menggunakan emas atau puluhan ekor hewan sebagai alat untuk dipertukarkan atau dijadikan belis. Namun sekarang seorang mosalaki tidak dituntut untuk harus membayar belis dengan harga yang mahal dan kata belis diganti dengan ungkapan  kata air susu ibu atau om, adik, atau kakak. Ungkapan ini muncul karena perkembangan zaman yang semakin maju yang membuat mereka untuk tidak menuntut belis terlalu mahal. Kenyataannya, besar kecilnya belis menjadi ajang pamer kekayaan dimana jika mendapat atau memberi belis yang tinggi, mereka akan merasa nama dan harga diri mereka terangkat.

#adatbudayanusantara 

#Kabinetmeditasi 

#KMNTBMESIR

Bagikan :

Artikel Lainnya

Siap Terima Zakat Fitrah; Rumah ...
  Siap Terima Zakat Fitrah; Rumah Amal Adakan Dauroh Zaka...
Nahdliyin Sasak; Bukti Keberagam...
Nahdliyin Sasak; Bukti Keberagaman dan Kesatuan Masyarakat KM-...
Baru Seumur Jagung, Sanggar Seni...
 Baru Seumur Jagung, Sanggar Seni KM-NTB Meriahkan Acara ...
Menilik Dialektika Peradaban; Se...
Menilik Dialektika Peradaban; Sebuah Proses Pendewasaan. Oleh:...
SEJARAH SINGKAT KODIFIKASI KITAB...
  SEJARAH SINGKAT KODIFIKASI KITAB DALAM USUL FIQIH Oleh:...
Cerpen, Kecemassan Guru Seneng
  Kecemasan Guru Seneng Punggungnya melengkung ketika ia ...

Download App KM-NTB Mesir

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Artikel, Update Informasi KM-NTB Mesir Hanya dalam Genggaman

Hubungi kami di : +201550341221

Kirim email ke kaminusatenggaradanbali@gmail.com

Download App KM-NTB Mesir

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Artikel, Update Informasi KM-NTB Mesir Hanya dalam Genggaman